-->

Terungkap, Berikut Isi Pesan Tersembunyi dari Tembikar yang Berusia 3000 Tahun

Terungkap, Berikut Isi Pesan Tersembunyi dari Tembikar yang Berusia 3000 Tahun
Pesan pada ostracon berusia 3000 tahun(Tel Aviv University)
BageBagi.net - Mesikipun sudah disimpan di dalam museum Israel selagi kurang lebih 50 tahun, suatu pesan tersembunyi di balik potongan tembikar berumur 3000 tahun baru saja ditemukan oleh para arkeolog.

Potongan tembikar yang dengan cara teknis disebut ostracon tersebut ditemukan di Tel Arad, suatu benteng kuno di dekat kota modern Arad. Pada segi depannya, tembikar tersebut mempunyai tulisan tentang keuangan militer. Tetapi, selagi ini para arkeolog mengira bahwa segi baliknya kosong.

“Mesikipun segi depannya sudah dikupas habis, selagi ini baliknya dianggap kosong,” kata salah satu anak buah tim peneliti dari Tel Aviv University, Arie Shaus.

Akan tetapi, para peneliti Tel Aviv menyadari adanya berbagai tanda di balik tembikar. Mereka pun memakai teknik pencitraan multispektral yang bisa meringkus cahaya di luar performa mata manusia untuk mengungkapkan tiga baris pesan tersembunyi yang terdiri dari 50 karakter serta 17 kata.

Pesan tersebut nyatanya berisi permintaan untuk anggur serta garansi bantuan terhadap penerima pesan apabila dirinya juga mempunyai permintaan tertentu. Lalu, ada juga permintaan untuk seperti komoditas terhadap seseorang yang tak disebutkan namanya serta suatu catatan tentang ukuran anggur yang dibawah oleh seseorang bernama Ge’alyahu.

Dalam studi yang dipublikasikan oleh jurnal PLOS One, para peneliti membahas bahwa pada masa tersebut (600 SM), kurang lebih 20 sampai 30 tentara berjaga pada satu titik serta berdasarkan pesan pada tembikar, tampaknya anggur merupakan salah satu prioritas mereka dalam bertugas.

Berkat kesuksesan ini, para peneliti juga berencana untuk memakai teknik yang sama pada potongan tembikar serta artefak lainnya. Barangkali ada pesan tersembunyi lainnya yang belum terungkap.

Melewati pesan-pesan inilah, kami bisa mendalami kenasiban masyarakat kebudayaaan kuno.
“Setiap kalimat, kata, serta tanda yang baru merupakan tambahan penting untuk pengetahuan kami tentang periode Kuil Pertama (1006-586 SM),” kata anak buah tim peneliti, Anat mendel-Geberovich.

Sumber : http://sains.kompas.com/read/2017/06/24/140500323/ini.isi.pesan.tersembunyi.dari.tembikar.berusia.3000.tahun
Advertisement
Loading...

Note: only a member of this blog may post a comment.

Click to comment