-->

Anda Bisa Ucapan 'Taqabbalallahu Minna Wa Minkum' Sambut Idulfitri? Jangan Salah, Ini Jawabannya

Anda Bisa Ucapan 'Taqabbalallahu Minna Wa Minkum' Sambut Idulfitri? Jangan Salah, Ini Jawabannya

BageBagi.net - Ketika seorang Muslim berjumpa dengan sesama Muslim pada peristiwa Idulfitri, para sahabat Nabi mencontohkan untuk mengucapkan selamat hari raya dengan ucapan sekaligus doa:

تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَ مِنْكُمْ

(Taqabbalallahu minna wa minkum)

Yang artinya semoga Allah menerima (puasa serta amal) dari kita serta (puasa serta amal) dari kalian.

“Para sahabat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam apabila berjumpa di hari raya, mereka mengucapkan terhadap sebagian lainnya: taqabbalallahu minna wa minka,” tulis Ibnu Hajar Al Asqalani dalam kitab Fathul Baari.

Lalu bagaimana jawaban taqabbalallahu minna wa minkum?

Dalam riwayat sahabat serta salafush shalih yang hingga terhadap kita, jawaban taqabbalallahu minna wa minkum merupakan doa yang sama: taqabbalallahu minna wa minkum.

Dari Habib bin Umar Al Anshari, ayahnya bercerita kepadanya bahwa beliau berjumpa dengan Watsilah radhiallahu ‘anhu ketika hari raya, maka ketika ia mengucapkan terhadap Watsilah, “Taqabbalallahu minna wa minkum,” Watsilah menjawab, “Taqabbalallahu minna wa minkum.” (HR Ad-Daruquthni dalam Mu’jam Al Kabir)

Dari Syu’bah bin Al-Hajjaj, ia mengatakan, “Saya berjumpa dengan Yunus bin Ubaid, serta saya hinggakan, ‘Taqabbalallahu minna wa minka.’ Kemudian ia menjawab dengan ucapan yang sama.” (HR Ad-Daruquthni dalam Ad Du’a)

Demikianlah jawaban sahabat serta salafus shalih, ketika memperoleh ucapan taqabbalallahu minna wa minkum. Jawaban ini semacam perintah Allah dalam Alquran,

وَإِذَا حُيِّيتُمْ بِتَحِيَّةٍ فَحَيُّوا بِأَحْسَنَ مِنْهَا أَوْ رُدُّوهَا

“Apabila anda diberi salam dalam bentuk apa pun maka balaslah dengan salam yang lebih baik alias jawablah dengan yang semisal” (QS An Nisa’ : 86).Wallahu a’lam bish shawab.

Sumber : http://makassar.tribunnews.com/2017/06/23/anda-dapat-ucapan-taqabbalallahu-minna-wa-minkum-sambut-idulfitri-jangan-salah-ini-jawabannya
Advertisement
Loading...

Note: only a member of this blog may post a comment.

Click to comment